Cara Menanam Bunga Wijayakusuma

Cara Menanam Bunga Wijayakusuma

Nycafricanfoodfestival –┬áBunga Wijayakusuma merupakan bunga yang lebih dikenal dengan bunga ratu malam. Memang bunga ini hanya aktif sekali, yaitu pada malam hari. Tidak seperti bunga pada umumnya yang lebih aktif di pagi hari daripada di malam hari, mereka bisa menikmati keindahan bunga di pagi hari. Namun berbeda dengan bunga wijayakusuma yang hanya bisa dinikmati saat mekar di malam hari.

Bunga wijayakusuma memiliki perbedaan yang sangat besar, berwarna putih gading dan menyerupai tumbuhan eksotis. Tumbuhan ini selalu berkerabat dengan kaktus yang memiliki daun berwarna hijau pipih dan di sekitar daun terdapat lekukan-lekukan kecil yang keras. Maka, karena keunikannya tersebut, banyak orang yang tertarik untuk menanam atau bahkan menanam bunga wijayakusuma. Berikut artikel dari Papan Bunga Makassar.

Cara Menanam Bunga Wijayakusuma

Bagi anda yang tertarik untuk menanam bunga ini ada baiknya memperhatikan beberapa poin Cara Menanam Bunga Wijayakusuma sebagai berikut.

1. Bibit tanaman Wijayakusuma

Dalam kasus Pembibitan Wijayakusuma, yang pertama adalah proses pemisahan. Pemisahan ini berarti pemisahan antara akar dan kelompok benih. Hal ini dapat dilakukan dengan memisahkan benih dari tanaman induk dan memilih indukan yang dapat digunakan untuk reproduksi. Anda dapat memilih populasi pembiakan yang baik dengan memperhatikan kepadatan tanaman yang akan ditanam dan postur tanaman yang benar.

2. Media budaya

Setelah melalui proses pembibitan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Untuk media tanam, Anda perlu menyiapkan tanah dan tempatnya, seperti pot atau kantong plastik atau tanah tanam. Untuk menghasilkan tanaman berkualitas baik yang dapat berkembang secara optimal, Anda perlu menyiapkan substrat tanam berupa tanah, pupuk organik, humus dan pasir dengan perbandingan 3: 1: 1: 2 yang telah Anda campur dan aduk hingga rata.

Jika Anda menanam di dalam pot, Anda bisa menggunakan pasir, sphagnum moss, dan paku sebagai media tanam.

3. Langkah-langkah penanaman

Karena tanaman ini masih tergolong tanaman kaktus, maka Anda perlu berhati-hati dengan langkah menanamnya. Agar bunga wijayakusuma tumbuh subur, berikut langkah-langkahnya:

– Masukkan bibit bunga wijayakusuma ke dalam media tanam, kemudian tutup bibit dengan tanah di sekitarnya.
– Tempatkan benih pada kedalaman 5 cm.
– Setelah melewati tahap penanaman, jangan lupa menyiram dengan air bersih. Sehingga bibit bunga wijayakusuma dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

4. Teknik perawatan

Tanaman wijayakusuma tidak menyukai air yang terlalu banyak, sehingga hindari air yang terlalu tergenang. Selain itu, sirami tanaman ini secukupnya agar akarnya tidak membusuk dan akhirnya layu dan mati.

5. Siram bunganya

Oleh karena itu, dosis irigasi pada tanaman Wijaya Kusuma harus tepat, tidak lebih rendah atau lebih tinggi. Saat musim kemarau tiba, perlu dilakukan penyiraman secara rutin dan teratur.

6. Pupuk

Cara menanam bunga Wijayakusuma selanjutnya adalah dengan pemberian pupuk. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan pupuk organik, dengan bahan yang berasal dari hewan atau nabati. Selain itu, juga dapat memberikan pupuk buatan. Pemberian pupuk harus memperhatikan intervalnya. Pemupukan sebaiknya dilakukan dalam jangka waktu 2 kali. Hal ini agar tanaman Wijayakusuma dapat tumbuh dengan baik.

7. Bagaimana cara menyiangi?

Ingatlah untuk selalu waspada terhadap hama dan gulma. Buang gulma yang tumbuh di sekitar tanaman wijayakusuma agar tidak mencuri nutrisi yang perlu diserap tanaman wijayakusuma. Jika perlu, Anda juga dapat secara teratur memberikan fungisida dan insektisida dengan dosis yang tepat dan menjauhkan tanaman ini dari area yang terkena penyakit.

Langkah-Langkah Stek Bunga Wijaya Kusuma

Selain cara menanam bunga wijayakusuma diatas, anda juga bisa menanam bunga ini dengan menggunakan stek. Dengan langkah-langkah berikut:

1. Bahan yang dibutuhkan

Gunakan pisau yang tajam dan sudah disterilkan dengan alkohol 95% dan sediakan tisu.

2. Pemilihan lembar

Berbeda dengan tanaman lain, tanaman wijayakusuma akan membuat stek daun. Anda bisa memilih daun yang dikategorikan lebih segar, lebih sehat, dan lebih hijau. Jika sudah ditentukan, potong daunnya menjadi 5 cm.

3. Donor hormon

Anda dapat memberikan hormon untuk merangsang pertumbuhan akar dengan menyemprotkan permukaan daun yang dipotong. Biarkan bibit selama 7-10 hari, lalu letakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari.

4. Potong daun menjadi biji

Setelah didiamkan selama 7-10 hari, daun yang telah dipotong tersebut dapat ditanam pada media semai. Gunakan substrat tanam tanah, pupuk organik, humus dan paris dengan perbandingan 3: 1: 1: 2

5. Tahap penanaman

Langkah selanjutnya adalah menanam dengan memasukkan benih sedalam sekitar 5 cm. Jika sudah menanam benih sebaiknya jangan disiram terlebih dahulu, sebaiknya didiamkan selama 10 hari. Kemudian Anda bisa menyiram.

6. Perawatan

Siram seminggu sekali karena tanaman ini tidak terlalu membutuhkan air.

7. Lokasi pabrik

Tempatkan bibit tanaman yang sudah ditanam di tempat yang teduh dan terlindung, namun tetap terkena sinar matahari.

8. Proses transfer tanaman

Saat sudah memasuki 2 bulan, pindahkan tanaman secara hati-hati ke lokasi yang sudah terkena sinar matahari langsung.

9. Peduli

Agar tanaman wijayakusuma tumbuh dengan baik, mulailah memberikan sinar matahari yang cukup. Tanaman yang tumbuh dari stek akan mulai berbunga saat memasuki tahun kedua dan ketiga setelah tanam. Dibutuhkan setahun sekali untuk bisa melihat bunga ini mekar.

Demikian uraian tentang Cara Menanam Bunga Wijayakusuma, dari stek biji hingga tumbuh menjadi tanaman besar. Batang, daun, dan bunganya juga memiliki manfaat penyembuhan penyakit. Semoga penjelasan ini dapat memberikan perspektif bagi kita semua.

Referensi: Florist Makassar