Cara Sederhana dan Akurat untuk Memeriksa Sensor Ponsel Samsung

Nycafricanfoodfestival –┬áHal pertama yang pasti akan Anda lakukan saat membeli ponsel, terutama yang bekas, adalah melakukan cek kesehatan ponsel secara mendetail. Pemeriksaan tubuh biasanya dilakukan pertama kali dan kemudian pemeriksaan sistem. Ini karena kita jelas tidak ingin membeli ponsel rusak yang pasti tidak akan digunakan, bukan?

Mengecek kesehatan ponsel sebenarnya sudah biasa dilakukan dan banyak yang sudah tahu cara melakukannya. Tetapi bagaimana cara memeriksa fungsi sensor? Menurut saya hal ini sering terlewatkan dan mungkin orang jarang mengetahuinya. Bagi Anda yang belum tahu, yuk simak lebih dekat. Mari kita mulai dengan menjelajahi fungsi sensor HP.

Apa itu sensor HP?

Di ponsel Android, termasuk Samsung, khususnya HP terbaru, setidaknya ada enam jenis sensor dengan fungsi berbeda yang ditanamkan ke dalam perangkat tersebut. Contoh sederhananya adalah saat menggunakan ponsel untuk membuat atau menerima panggilan.

Coba angkat ponsel, perhatikan bahwa layar akan mati secara otomatis. Namun, saat Anda mengambil ponsel dari tangan Anda, layar akan menyala kembali. Nah, inilah bukti keberadaan sensor di dalam ponsel.

Contoh lainnya adalah penggunaan GPS di ponsel. Faktanya, ini adalah bagian dari fungsionalitas sensor yang terpasang di perangkat HP. Bahkan dapat dikatakan bahwa sensor ini juga menjadi salah satu bagian terpenting dalam menjadikan sebuah ponsel semakin canggih seperti yang diharapkan banyak orang.

Setiap ponsel memiliki kelengkapan sensor yang berbeda-beda. Biasanya, semakin mahal harga sebuah ponsel, semakin lengkap pula jumlah sensor bawaannya.

Cara memeriksa sensor pada ponsel Samsung

Dilihat dari fisiknya, sensor HP berbentuk seperti sebuah komponen. Karena itu, kemungkinan besar dia akan terluka. Kerusakan sensor tentunya akan menimbulkan beberapa masalah yang nantinya akan berpengaruh pada kenyamanan penggunaan.

Oleh karena itu, kemungkinan ini harus dihindari agar ponsel bekas tidak menjadi barang belanjaan yang mubazir. Anda tidak perlu khawatir jika sensor HP Samsung yang dibeli rusak atau tidak. Nah, untuk mengecek sensor di HP Samsung Anda, Anda bisa mencoba cara-cara berita teknologi gadget berikut ini.

1. Penggunaan kode rahasia

Anda dapat menggunakan beberapa kode rahasia yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa sensor ponsel Samsung Anda. Berikut langkah-langkahnya:

Buka keypad numerik ponsel Samsung yang ingin Anda kontrol.

Kemudian masukkan kode rahasia # 0 #.

Kemudian halaman kendali HP akan muncul.

Pilih menu Sensor.

Di menu ini, Anda bisa mengecek sensor ponsel Samsung Anda lebih dekat dan tentunya hasilnya akan akurat.

2. Menggunakan aplikasi AIDA64

Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi bernama AIDA64. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis dari Google Play Store. Meskipun aplikasi ini gratis, fitur yang ditawarkannya cukup lengkap. Ini mampu menampilkan semua sensor yang terpasang di ponsel Samsung.

Selain itu, informasi dalam aplikasi ini rinci dan akurat. Dengan adanya aplikasi ini kita dapat mengecek spesifikasi dan mendapatkan informasi tentang hardware dan software handphone. Berikut langkah-langkah untuk mengecek sensor ponsel Samsung menggunakan aplikasi AIDA64:

Unduh aplikasi AIDA64.

Buka dan jalankan.

Saat menu dibuka, layar menu ditampilkan, yang dapat dideteksi oleh aplikasi.

Pilih Sensor dan informasi sensor HP Samsung akan muncul dalam sekejap.

3. Menggunakan aplikasi CPU-Z

Aplikasi kedua yang dapat Anda gunakan untuk mengontrol sensor HP adalah CPU-Z. Aplikasi ini menampilkan informasi yang sangat detail tentang sensor di ponsel Samsung.

Selain itu, Anda juga dapat memeriksa spesifikasi perangkat keras, baterai, dan sistem operasi ponsel Samsung Anda. Anda dapat mengunduh aplikasi CPU-Z secara gratis dari Google Play Store.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat sederhana. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Unduh dan instal aplikasi CPU-Z

Aplikasi belum dimulai.

Pilih menu Sensor.

Setelah itu akan muncul informasi tentang sensor mana yang baik dan mana yang rusak.

4. Menggunakan aplikasi Sensor Box

Seperti aplikasi yang disebutkan di atas, Sensor Box dikembangkan secara khusus untuk mengontrol sensor pada ponsel Android. Antarmuka aplikasi ini sangat sederhana dan membuat pengguna praktis.

Dengan aplikasi ini kita dapat dengan mudah memeriksa ketersediaan sensorik di ponsel. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan aplikasi ini.

Unduh aplikasi Sensor Box.

Buka dan jalankan.

Ketuk ikon yang ditampilkan di setiap sensor.

Jika sensor dalam kondisi baik, tanda silang tidak akan ditampilkan di atas ikon sensor yang sesuai.

5. Menggunakan aplikasi HW Device Info

Anda tidak boleh kehilangan informasi perangkat HW ketika Anda ingin memeriksa ketersediaan sensor ponsel Samsung. Aplikasi ini memberikan informasi mengenai spesifikasi handphone Samsung dan kelengkapan sensornya.

Data yang ditampilkan benar-benar asli, sehingga Anda bisa mengetahui dengan pasti kelengkapan sensor yang dimiliki oleh ponsel Samsung. Anda dapat mengunduh Info Perangkat HW secara gratis dari platform yang sama, yaitu Google Play Store.

Sangat mudah untuk menggunakan aplikasi ini. Ikuti langkah-langkah ini, ya.

Unduh dan instal informasi perangkat HW pada ponsel Samsung yang Anda kontrol.

Buka dan jalankan aplikasi.

Saat Anda membuka aplikasi, Anda akan menemukan beberapa menu bookmark.

Gulir dan pilih sensor yang ingin Anda periksa.

Nah, semudah itu untuk memeriksa sensor ponsel Samsung. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai untuk memperoleh informasi tentang status sensor di ponsel Samsung.